STRATEGI MANAJEMEN OPERASIONAL DIERA GLOBAL


Sebelum membahas manajemen oprasional diera global ini, kamu tau gak manajemen dalam oprasional itu apa ? hehehe
Gambar terkait
Yup, manajemen oprasional ialah suatu usaha pengelolaan secara maksimal penggunaan semua faktor prosuksi baik tenaga kerja (SDM), mesin, peralatan, material (bahan mentah) dan faktor produksi yang lainya dalam proses transformasi untuk menjadi berbagai macam produk barang & jasa ada pengertian dari manajemen oprasional menurut para ahli,antara lain
Menurut jay heizer dan berry rander manajemen oprasional adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output
Menurut william J. Stevenson bidang manajemen menggunakan alat dan teknik khusus untuk memecahkan masalah produksi

Manajer Operasional pada saat ini harus memiliki pandangan global dalam strategi operasi, perkembangan yang cepat dalam perdagangan dunia yang seolah dunia tanpa batasan, mengakibatkan banyak organisasi memperluas organisasinya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.
Belum banyak negara yang mengubah mainset perusahaanya dari industrialisasi ke manufaktur dan jasa atau layanan, karena banyak perekonomian Negara-negara belum masuk ke era industrialisasi
Hingga era globalisasi telah datang. Pertumbuhan pasar yang cepat di Negara-negara seperti China dan Eropa Timur telah mendorong perusahaan untuk memperluas operasinya secara global. Muncullah suatu standar baru dalam persaingan global yang meliputi kualitas, variasi, costumization, kemudahan, waktu dan biaya untuk keberhasilan dan survival perusahaan. Tugas manajer operasipun menjadi lebih kompleks.
Hingga membuat manajemen oprasional menjadi lebih memiliki pandangan yang lebih luas tentang era globalisasi saat ini sehingga perkembangan yang cepat dalam perdagangan dunia yang seolah dunia tanpa batasan, mengakibatkan banyak organisasi memperluas organisasinya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

Suatu manajemen oprasional harus memiliki strategi atau pedoman untuk membawa perusahaan tersebut maju, karena Strategi menunjukkan bagaimana organisasi akan bekerja untuk mencapai misi dan tujuan-tujuannya, atau merupakan action plan organisasi untuk mencapai misinya, Strategi di kembangkan untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada, menetralisir hambatan dan menghilangkan kelemahan yang ada.
Hasil gambar untuk manajemen operasional di jepangPerusahaan dapat menyiasati dnegan Upaya misalnya, dengan pengembangan lini produksi (assembly line), dan sistem produksi massal (mass production). Dari sisi produk juga secara tidak langsung terdorong menjadi lebih 
standar dan presisi, sehingga lebih mudah diproduksi dalam volume besar. Alhasil, strategi manajemen operasi yang baru ini telah menciptakan kemampuan volume produksi yang tinggi, produk yang konsisten dan biaya yang rendah.
Selama bertahun-tahun manajemen operasi baik dalam hal proses produksi maupun operasi layanan telah berkembang pesat seiring dengan perubahan kebutuhan pasar
dapat dilihat pada keberhasilan produk-produk Jepang di pasar global, khususnya industri otomotif dan elektronika. Pada periode ini, perusahaan-perusahaan manufaktur
Jepang memfokuskan pengelolaan operasionalnya pada pengurangan biaya dan pengembangan produk yang lebih cepat.
Beberapa teknik manajemen operasi seperti TQM dan JIT mulai dikenal pada periode ini. Hasilnya, produk industri jepang dikenal memiliki kualitas baik dengan harga jual yang sangat kompetitif, sehingga mampu merajai peta persaingan melawan produk dari negara barat. Akibatnya banyak perusahaan negara barat, yang sebelumnya menguasai pasar, kehilangan customer dan bahkan beberapa gulung tikar.
Keberhasilan industri jepang ini kemudian mendorong perusahaan di negara-negara lain untuk meniru dan mengadopsi konsep manajemen operasi mereka.

Komentar